Pembesaran Lobster Air Tawar



1. Menebar Benih

Tebar benih dengan ukuran yang sama. Jika ukuran benihnya berbeda tidak lebih dari 10 gram, benih bisa dicampur. Idealnya dalam 1 meter persegi ada 5-10 ekor lobster.

2. Pemberian Pakan

Pemberian pakan dilakukan teratur sehari dua kali pada pagi hari dan menjelang sore hari. Untuk jenis pakannya gunakanlah kombinasi antara pellet dan nutrisi. Hal ini dimaksudkan agar budidaya lobster bisa lebih hemat namun kualitasnya tetap terjaga.

Nutrisi yang bisa digunakan sebagai pakan lobster antara lain ketela pohon parut, jagung basah parut, dan beberapa sayuran lainnya. Nah, bila Anda menggunakan kolam tanah untuk budidaya lobster, nutrisi bisa didapat dari tumbuh-tumbuhan atau plankton yang ada dalam kolam.

Cara pemberian nutrisi ini terbilang efektif dalam menekan biaya pakan. Sebagaimana kita tahu, pellet (pakan buatan pabrik) memiliki harga yang terbilang tinggi. Menggunakannya tanpa mengombinasikan dengan alternatif pakan lain jelas akan mencekik para peternak.

Khusus untuk anakan atau lobster yang baru menetas, hindari memberi pakan nutrisi berupa umbi-umbian atau sayuran. Anakan lobster baiknya diberi pakan cacing beku atau cacing sutera.

Pemberian pakannya tetap 2 kali sehari dengan dosis 25% ketika pagi dan 75% saat menjelang malam. Presentase porsi makanan juga disesuaikan dengan berat anakan lobster tersebut. Setidaknya 3% dari berat badan lobster tersebut.

Ketika memberi pakan, pastikan pakan jatuh kedasar kolam. Hal ini karena lobster memakan makanan yang berada di dasar kolam.

3. Pengendalian Hama

Cangkang keras lobster mampu menghindarkan dirinya dari serangan hama. Namun, bukan berarti Anda lengah dan tidak memperhatikannya. Tetap waspada akan serangan hama yang bisa saja tiba-tiba terjadi, khususnya ketika mendekati musim panen.

Pemanenan Lobster

Cara budidaya lobster air tawar terakhir yakni pemanenan. Lobster bisa dikonsumsi ketika usianya berkisar antara 6-8 bulan atau ketika beratnya mencapai 10-12 ekor perkilogramnya. Ukuran ini merupakan ukuran standar, namun ingat, semakin besar lobster maka semakin mahal pula harganya.

Cara Perawatan Lobster Air Tawar

Merawat lobster air tawar bukanlah hal yang sulit namun dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan yang ekstra. Apalagi mengingat lobster baru bisa dipanen ketika usianya mencapai 6-8 bulan. Nah, diwaktu-waktu inilah perawatan lobster tak boleh ketingggalan.

Beberapa perawatan yang harus dilakukan antara lain:

1. Pemberian makan lobster yang teratur yakni 2 kali dalam sehari, setiap pagi dan menjelang sore.
2. Membersihkan saringan/filter dari kotoran atau sisa makanan lobster yang telah mengendap
3. Menjaga aerator/gelembung udara bekerja dengan baik
4. Mengganti air kolam dengan tidak menguras seluruh isi kolam (sisakan kira-kira ¼ bagian). Hal ini dimaksudkan agar lobster tidak kaget dengan perubahan suasana didalam kolam. Bila hal ini terjadi, lobster akan lebih cepat berganti kulit dan bisa menjadi sasaran dari lobster yang lebih perkasa darinya.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KONSTRUKSI PEMATANG KOLAM TANAH

PEMBUATAN SADURAN

Kartu KUSUKA