Kerupuk Ikan

Pembuatan Kerupuk Ikan Tanpa Jemur

Masyarakat Indonesia sudah sangat familiar dengan kerupuk. Biasanya, kerupuk disantap sebagai teman makan siang atau makan malam. Banyak yang bilang, makan tanpa kerupuk akan terasa kurang nikmat. Apakah Anda juga penggemar kerupuk?

Salah satu jenis kerupuk yang paling disukai banyak orang adalah kerupuk ikan. Rasa gurih serta rasa khas daging ikan akan membuat makan jadi lebih lahap. Selain disantap bersama dengan makanan utama, kerupuk ikan ini juga enak disantap sebagai camilan. Berikut ini ada resep cara membuat kerupuk ikan tanpa jemur. Dlm resep ini, dg sangat terpaksa saya hrs menambahkan baking soda alias soda kue. Namun dlm jumlah sesedikit mungking, asal cukup untuk membuat kerupuk mengembang ketika digoreng. Cukup gunakan 1/2 sdt (paling banyak 1 sdt rata) soda kue untuk membuat 600 g kerupuk.


Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat krupuk ikan tanpa jemur:
400 g tepung sagu/kanji
½ -1 sdt soda kue
1 sdt garam
1 sdt bawang putih bubuk/parut
100 g daging ikan tengiri/kakap/gabus/ikan lain, haluskan
50 g keju cheddar parut (bila perlu)
3-4 butir telur
minyak goreng untuk menggoreng
tepung sagu/kanji untuk taburan

Cara atau langkah-langkah pembuatan:
Campur tepung sagu/kanji, soda kue, garam, dan bawang putih.
Tambahkan daging ikan dan keju. Aduk rata dengan tangan, tambahkan 3 butir telur, aduk rata     dengan tangan sambil diuleni ringan hingga adonan kalis (tidak melekat pada wadah). Jika adonan belum bisa dibentuk, tambahkan lagi sisa telur, aduk rata.
Bulatkan adonan, bentuk bulat panjang seukuran lengan. Iris-iris tipis. Manfaatkan tepung       sagu/kanji untuk taburan pada talenan dan tangan agar adonan tidak lengket. [Jika adonan sulit diiris tipis, bulatkan utuh, bungkus dengan lembaran plastik, simpan dulu 2-4 jam dalam lemari es.
Goreng terendam minyak goreng panas di atas api kecil. Setelah renyah dan kecokelatan, angkat, tiriskan.

CATATAN
Jika menginginkan kerupuk kering jemur: Setelah adonan dibulatkan, bungkus dengan daun pisang/kertas aluminium, kukus hingga masak (45 menit), sisihkan hingga dingin dan mudah diiris (4 jam hingga semalam). Potong tipis, jemur hingga kering. Kerupuk siap digoreng.

Semoga bermanfaat, baca juga artikel lainnya "cara membuat krupuk jagung"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KONSTRUKSI PEMATANG KOLAM TANAH

PEMBUATAN SADURAN

Kartu KUSUKA